Cara promosi produk Amazon

06.07.00 Unknown 13 Comments


Ini adalah cara andalan ane karena sudah ane buktiin sendiri kehandalannya. Bukan hanya mendatangkan traffic tapi dengan cara ini kita akan kedatangan traffic yang bukan hanya sekedar pengunjung, tapi bener2 buyer sejati pengunjungnya  Jadi kemungkinan produk terjual lebih besar.
Mengapa demikian? Karena produk kita di google merchant ini akan muncul di halaman Google Shopping. Lihat gambar aja deh kalo kurang jelas


Nah itulah yang ane maksud. Itu iseng2 ane cari "kaskus" ternyata ada yang nongol, tapi nggak tau tu produk apaan.. 

Langsung aja deh, nggak usah banyak pemanasan ntar malah kebakaran 
Pertama silahkan ngacir kesini http://www.google.com/merchants
Silahkan masuk dulu ke akun google agan, kemudian silahkan daftar ke Google Merchantnya. Turuti aja apa permintaan si mbah gugel, isikan data2 yang diminta. Termasuk nama Shop kita, URL Web store kita dan lain2.
Nah jika sudah daftar mari kita lanjut memasukkan produk kita.

Yang harus kita siapkan untuk mempermudah kita memasukkan produk kita yaitu mikocok excel. Tapi biasanya ane pake "Google spreadsheets" karena ane nggak punya Mikocok opis, punyanya OpenOffice. Tapi kalo disini kita pake openoffice nggak bisa, karena OpenOffice Calc nggak bisa buat convert ke txt nah padahal ini nanti harus kita convert ke txt filenya. CMIIW sih.. kalo ada yang bisa convert ke txt dari OpenOffice Calc kasih tau ane ya 
Jadi kalo nggak punya Mikocok Excel, alternatifnya adalah Google spreadsheets, tapi agak ribet sih, butuh diedit2 lagi file txtNya karena masih acak2an. Jadi ane sarankan pake excel aja. Sebenernya pake notepad aja juga bisa tapi pertama mending pake excel dulu biar nggak bingung.

Cara ini memang agak memakan waktu lama dan sedikit ketelitian. Karena ini serba manual. Tapi jangan salah, justru kebanyakan yang manual lah yang hasilnya lebih bagus.
Ntar jadinya seperti ini sebelum diconvert


Nggak usah ane jelasin udah pasti lah agan tau.. 
Nah langsung aja bikin seperti itu gan.
Tapi nggak usah semuanya juga nggak apa2. Yang wajib adalah:
  • id
  • title
  • link
  • price
  • description
  • condition
Untuk yang lainnya nggak usah diisi gapapa, hukumnya sunnah 
Kalo ingin mengisi Product Type nyarinya disini . Product type itu maksudnya kategori produknya.
Oiya, untuk link produknya tu harus link di web agan yang agan daftarin tadi. Jadi kalo direct langsung ke amazon jelas nggak bisa. Ane udah coba soalnya mau direct langsung biar nggak capek bikin web, eh ternyata nggak bisa 

Kalo udah selesai bikin silahkan disave format .xls dulu buat masternya kali aja lain kali butuh. Kalo udah sekarang save as lagi tapi pilih yang save as ke text (Tab delimited)
Nah yang file .txt tersebut yang akan kita upload.

Kembali ke google merchants tadi.
Silahkan pilih menu Data feeds kemudian klik New Data feed
Target country pilih United States kalo kita pake amazon.com karena targetnya emang US.
Format pilih googlebase.
Data feed filename isikan file .txt yang agan buat tadi. trus save. 
Kemudian pilih manual upload trus upload file txt yang agan buat tadi.
Tunggu beberapa saat sekitar 5 menitan, kalo berhasil akan ada keterangan jumlah produknya di data feed tadi. dan produk2 yang agan masukkan tadi akan nongol semua di menu products.
Kalo nggak berhasil silahkan cek lagi file txt agan tadi. Pastikan disitu susunannya satu produk satu baris. Jadi berurutan gitu. Kalo acak2an silahkan diedit manual. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menuju langsung kesini .

Biasanya kalo sudah berhasil belum bisa langsung disearch, masih harus nunggu dulu biar searchable. Kurang lebih sehari kayaknya. Yaudah selesai.. 


Ayo share jurus-jurus andalan kalian... Banyak berbagi banyak rezeki.. 


Originaly by : Kaskus/member.php?u=998025

13 komentar:

  1. Gambarnya ga bisa diliat bro........

    BalasHapus
  2. Saya selalu gagal dlm meng upload file .txt padahal sdh tersusun dengan benar. Tolong kasih info Gan..apakah kesalahan file .txt atau pada link web saya (saya isi dengan http://allinbox.weebly.com)? email saya tanyaagungananton@gmail.com
    terima kasih Gan..

    BalasHapus
  3. Gan, Ane tertarik utk promosikan produk Astore ane...tp binun masukin produk2-nya satu per satu ke list

    BalasHapus
  4. gambar_y g klihatan
    tp thanks pokok_y

    http://yamahaguitarsprice.blogspot.com
    http://pricessd.blogspot.com

    BalasHapus
  5. iya nih, gambar g nongol tp artikel nya sudah cukup jelas...

    makasih mas info nya

    Salam kenal

    BalasHapus
  6. Sepertinya asyik juga punya nich.ane paling suka yang namanya manual jadi lebih terasa ilmunya ketimbang yang serba auto-autoan.kayaknya tidak perlu blog ya..gan?langsung buat mikocok excell(ehh...jadi ikut2an)?mantap nich ilmunya.kayal begini manfaat blogwalking.

    BalasHapus
  7. blogwalking...tapi artikelnya bagus akan di coba. utk gambar gak bs di lihat mas bro

    BalasHapus
  8. Udah ga boleh promosi Amazon di Google Merchants bro !

    BalasHapus
  9. Pengen nyoba juga, apakah sekarang cara ini masih bisa sob?

    BalasHapus
  10. Terimakasih buat informasinya, sangat membantu buat saya..

    BalasHapus
  11. Makasi sob tuk tipsnya.

    Nomor Cantik
    http://andikanis.com

    BalasHapus
  12. Makasih banget infonya gan... sukses slalu.

    BalasHapus