Go Publik Facebook siapkan 100 Miliar Dollar AS

14.35.00 Unknown 0 Comments

Facebook diberitakan tengah mempersiapkan pengajuan penawaran umum saham perdana yang baru akan dilakukan pada awal 2012. Kantor berita CNBC mengatakan, perusahaan jejaring sosial itu akan menentukan nilai saham dengan menilai perusahaan lebih dari 100 miliar dollar AS.
Jika benar nilainya ditentukan sebesar itu, Facebook bakal langsung memposisikan diri sebagai salah satu perusahaan teknologi yang punya kapitalisasi pasar paling tinggi. Saat ini, Apple menjadi perusahaan teknologi dengan kapitalisasi pasar paling tinggi dengan lebih dari 300 miliar dollar AS. Microsoft sekitar 203 miliar dollar AS. Google 162 miliar dollar AS. Bahkan, HP, Cisco, dan Canon tidak dampai 100 miliar dollar AS.
Memiliki anggota sebanyak lebih dari 500 juta pengguna, Facebook menjadi jejaring sosial yang paling besar saat ini. IPO perusahaan milik Mark Zuckerberg menjadi salah satu yang paling dinanti oleh bursa Wall Street. Saat ini, selera investor sangat tinggi pada perusahaan jejaring sosial yang tengah berkembang.
Didirikan di sebuah kamar asrama Harvard pada tahun 2004 oleh Zuckerberg yang saat ini berusia 27 tahun, Facebook rupanya menjadi pesaing utama perusahaan Internet seperti Google dan Yahoo! karena menjadi tujuan online terpopuler bagi peselancar web dan saluran pemasaran yang penting bagi pemasang iklan.

0 comments: